lyfe and reviews

Terapi : Serunya Main Ball-A-Vis-X!


Ingin bahas tentang ragam therapy tools yang seru-seru! πŸ˜€


Kali ini aku akan share permainan menarik bagi segala usia : Bal-A-Vis-X. Iya, memang agak susah dieja! πŸ˜‹

Permainan ini menggunakan bola-bola khusus warna-warni. Dan kantung pasir (untuk mereka yang membutuhkan level kesulitan mudah).


Fungsinya adalah untuk :


-Latihan keseimbangan otak kiri dan orak kanan
-Melatih Konsentrasi
-Melatih Motorik
-Menenangkan Pikiran.

Yang asyik bangetπŸ˜„, permainan ini BISA dimainkan oleh anak-anak, dewasa, dan manula. Rekomen untuk dilakukan anak-anak dengan kecenderungan ADHD atau hiperaktif, karena mereka bisa menyalurkan energinya disini.


Di sekolah-sekolah yang sudah memahami kebutuhan anak spesial diatas, mereka diijinkan memainkannya sambil mendengar pelajaran!πŸ˜€


Aku beruntung pernah berkesempatan untuk bermain kelompok di sebuah acara pelatihan. Trust me. Kelihatannya mudah, seperti main bola biasa, padahal semakin lama makin beragam dan naik tingkat kesulitan! Terutama saat kita bermain dalam tim, duhh pusing. πŸ€ͺ


Itu gara-gara kita harus mengaktifkan dua belahan otak. Sinkronisasi dengan tubuh kiri dan kanan, bila bermain berpasangan. Saat seseorang sudah jago, dia bisa bermain solo dengan tiga atau empat bola! Minimal satu jam sehari latihannya. Dan itu makin bagus bila kontinyu.





Bagaimana denganku? Bolanya masih menggelinding tidak jelas kemana-mana!!πŸ€ͺ

Apabila dengan menggunakan bola anak kecil dan manula masih alami kesulitan melakukan sinkronisasi dengan pasangan, bisa mulai dari kantung-kantung pasir. Kantung tersebut tersebut berisi pasir khusus bertekstur halus, dibungkus oleh kain tebal berbagai warna.πŸ€—


Mereka yang punya kecerdasan kinestetik, atau ADHD, bisa menggunakan alat tambahan papan keseimbangan mini (ada setelannya). Silahkan naik diatas itu dan tetap bermain. Jadi paket lengkap sambil gerak, fokus, dan menjaga keseimbangan.


 

Bill Hubert, pencipta metode ini, saat mudanya berkebutuhan khusus. Bercermin dari kesulitan yang dialami saat sekolah, dia melakukan berbagai penelitian hingga menciptakan Bal-A-Vis-X, sebagai media untuk membantu anak-anak (terutama anak ADHD, dan kinestetik) agar mampu belajar tenang dan fokus menghadapi masalah, terutama di dalam kelas.


Untuk regenarasi, Bill Hubert menunjuk anak-anak tertentu menjadi asistennya ke seluruh dunia, (karena syarat untuk menjadi trainer Ball-A-Vis-X adalah seperti itu). πŸ˜€


Uniknya, yang dipilih adalah, anak yang dianggap belum memiliki bakat. Diharapkan dengan menjadi trainer akan timbul rasa percaya diri pada si anak.


Training dari Bill Hurbert keras seperti di militer.πŸ‘¨‍✈️πŸ‘©‍✈️ Tidak sembarangan! Di Asia Tenggara sendiri seingatku, baru tembus dua orang asal Singapura.


Indonesia kapan, ya? Tertarik nggak main Bal-A-Vis-X? πŸ™‚


Gambar fitur dari dokumentasi pribadi

 

No comments:

Post a Comment