lyfe and reviews

Self Censored


Aku tuh suka nonton,  tapi  semakin kemari makin sadar harus pinter-pinter memilih film dan menyensor sendiri judul-judul yang sebetulnya bagus,  tapi sayangnya...


..... ada terlalu banyak adegan-adegan wikwik atau pelangi-pelangi. 


Streaming-streaming tentu tidak melewati BSF  seperti jaman film dan CD resmi *jebakan umur*.  Bukannya gimana-gimana, jadi takut rada kurang sehat aja (liat YT dibawah). Untuk yang satunya, maap lebih ke merasa nggak nyaman.



Akhirnya terpaksa pakai self-censored. 


Caranya, setelah lihat rating plus warning, yang namanya remote selalu ada di samping tanganku. Sebelum ada adegan skidipapap langsung tuh di skip-skip. Biasanya ada tanda-tandanya kalau mau pergantian scene. Atau dari jauh-jauh hari... bisalah nebak ini tokoh main mata, kok bukan ke arah yang sesuai kompas wkwk.


Kebanyakan film Timur seperti Korea menurutku masih aman dan sopan. Film Barat terutama Eropa yang musti sering-sering di skip. 


Dan kalau dipikir-pikir  ada atau nggak ada adegan itu juga nggak mempengaruhi cerita. Jadi benar-benar buat fans-service doank. 


Kadang-kadang aku merasa agak terganggu dengan selipan-selipan seperti itu seperti.... come on masa cukup lama nge-skip sampai 1/5 film sendiri. Padahal lumayan waktunya kalau dipakai untuk adegan-adegan utama yang lebih penting, jadi waktu nontonnya nggak kepanjangan atau kelamaan. Begitu pula ada karakter yang terlalu dipaksakan (menurutku), tiba-tiba jadi suka sama sesama. Sekarang memang lebih banyak porsinya ketimbang dulu-dulu, kalau kita bandingin dengan film-film lawas. 


Ya...lama-lama memang seperti iklan.  Sekilas-sekilas akhirnya masuk ke alam bawah sadar. Mungkin maksudnya memang seperti itu. 


Makanya, menurut aku paling aman langsung dengan cara nge-skip-skip. Kalau udah parah banget isinya begitu semua mending gak usah nonton sama sekali. Contoh kasus film Midsommar, itu mau resensi kayak apa, waduh no, thanks. Silahkan lewat ajalah. Wkwk sudah baca juga komen-komen mereka yang nonton, pada stress dan kayak PTSD gitu. Kalau sudah masuk otak mustahil ngapusnya.  Jadi pada kebawa mimpi.


Kesimpulan, baca resensi, tahu rating dan review, lalu skip-skip cukup efektif, bukan cuma adegan skidipapap, pelangi, tapi juga yang sadis-sadis dan ajaib. Supaya pop corn tidak berubah rasa. Katanya kalau makan sambil stress jadinya malah bikin penyakit hahaha.


Itu cara aku, sih. Lumayanlah. Setidaknya cara begini jadi nggak ganggu hobi nonton film.


Kalau kamu gimana? Adegan apa yang kamu  lebih suka kalau itu nggak ada? Apakah tetap nonton, di skip, atau tiba-tiba ditinggal dulu? 


Gambar : pixabay.com






12 comments:

  1. Kalau aku gak masalah sih. Aku nonton2 aja. Hehehe.

    ReplyDelete
  2. di beberapa platform ott sih
    banyak itu mengusung tema pelangi
    tinggal kitanya aja lebih bijak
    cuman emang sekarang pasti ada beberapa cerita yang disambung2in dengan tema itu
    ada film yang saya suka
    tapi ya mau gimana lagi
    yang bikin film mereka
    bebas mereka mau masukin apa sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mas Rezky kuasa yang bikin film mau kasih pesan apa...makanya aku pakai cara milih dan skip-skip, kuasa penonton mau pilih liat adegan gimana hehehe

      Delete
  3. Termasuk yg jarang nonton film mbk...palingan kebanyakan YouTube doank yg petualangan atau apakek😁palingan skip iklan kalo kepanjangan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya iklan tuh termasuk yang di skip....

      Delete
  4. aku termasuk yang nggak bisa nonton jika terlalu gore atau disturbing, Kak Pheb. dulu tuh ikut-ikut aja kan nonton macam Final Destination, Saw, House of Wax, suka sih sama sensasi thrillingnya, tapi banyak adegan disturbing yang nggak bisa lepas dari otak bahkan sampai sekarang (dan suka mengundang rasa mual kalau keinget)😂. sekarang udah lebih tahu diri jadi nggak berani coba-coba lagi, takut nggak hilang itu memori dari otak 😂. cukup penasaran sih sama cerita Midsommar tuh tentang apa karena banyak banget yang omongin, tapi nggak mau nonton 🤣.

    dengan kemudahan internet jaman sekarang, budaya sensor mandiri harusnya lebih mudah diterapkan ya, tinggal googling lihat trigger warning dll dan tentukan sendiri mau nonton atau nggak~ kalau dulu masih susah akses informasi, jadi lebih sering ngikut aja 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denger-denger sih di Midsommar paket lengkap mual-mual juga ada mbak Lia. Wkwk...liat trailernya saja sudah hmmm kayaknya gak deh

      Delete
    2. bahkan aku nggak berani lihat trailernya karena udah dikasih warning tidak baik 🤣. kalau yang disturbing gitu aku beneran nggak berani deh buat coba-coba, beda kalau cerita yang sad ending, kadang masih mau menyakiti diri buat nonton 🤣

      Delete
    3. Itu bijaksana...wkwk...kalau sad ending mau di gimanain lagi, ya nggak?

      Delete
  5. Itulah kenapa aku LBH suka baca spoiler. JD tau film atau serial apa yg bakal aku tonton nantinya. Kalo udh ada dibilang ttg pelangi , udh males jujur. Jijik aja.

    Kalo adegan wikwik, asal ga lama banget, masih okelah, tapj kalo kelamaan, iya sih jadi ga penting 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spoiler kadang membantu juga, ya mba. Walau mengurangi element of surprise. Tapi mau gimana lagi...

      Delete