lyfe and reviews

Review Serial TV : Maestra : Strings of Truth


Jarang-jarang bahas drakor, karena memang nggak sering nonton. Paling beberapa saja yang saya anggap menarik. Alasannya, kebanyakan cerita cukup panjang dan saya nggak punya cukup waktu untuk mengikuti semua. Belakangan lebih banyak nonton film saja.


Salah satu drakor menarik yang ditonton kemarin adalah Maestra : Strings of Truth. Yang namanya konduktor orkestra wanita tuh jarang banget. Nah, drakor ini bercerita tentang seorang konduktor orkestra wanita yang bernama Cha Se-eum (Lee Young). Cha Se-eum ini kembali ke Seoul setelah lama ada di Amerika. Orkestra yang beruntung kedatangan dia adalah The Hangang Philharmonic.


Setiba di Korea Selatan, Cha Se-eum disambut oleh suaminya yang berprofesi sebagai dosen musik di Universitas, yaitu Kim Pil (Kim Young-jae)



Kedatangan  Cha Se-eum di The Hangang Philharmonic, nggak mulus begitu saja. Banyak permasalahan hadir, terutama karena bawaan karakter Cha Se-eum yang blak-blakan, logis, dan seperti tanpa perasaan. Sering terjadi pertentangan antara anggota orkestra dengannya. Hanya  Lee Ru-na (Hwang Bo-reum-byeol), seorang gadis anggota orkestra, yang memang fans berat Cha Se-eum, selalu setia mendukung Cha Se-eum. Lee Ru-na sendiri diangkat sebagai concertmaster (pemimpin utama biola pertama posisi di kiri konduktor) oleh Cha Se-eum setelah melihat bakatnya yang bersinar. 



Masalah lain yang dihadapi Cha Se-eum adalah kehadiran  Yoo Jung-jae (Lee Moo-saeng).  Dia adalah bekas kekasih Cha Se-eum sebelum menikah dengan Kim Pil. Dibandingkan Kim Pil yang sangat pasif, pengalah, serta merasa dibayang-bayangi Cha Se-eum, kebalikannya, Yoo Jung-jae adalah tipe agresif, keras kepala dan tidak berhenti mengejar hingga mendapat yang dimau. Sebagai CEO perusahan finansial yang berkuasa, dengan mudah Yoo Jung-jae membeli The Hangan Philharmonic, agar bisa berurusan dengan Cha Se-eum. Hal itu cukup merepotkan sang konduktor wanita.



Namun bukan hanya cinta segitiga yang jadi cerita sampingan kisah Maestra: Strings of Truth ini. Semakin ke depan ternyata banyak sekali rahasia dan intrik yang mengelilingi Cha Se-eum. Mulai dari pengkhianatan hingga pembunuhan. Walaupun begitu cerita tetap berfokus pada lika-liku dinamika sebuah orkestra musik serta bagaimana sepak terjang Cha Se-eum menyukseskan konser-konser The Hangan Philharmonic dengan segala cara.


Bagaimana akhir dari kisah Cha Se-eum dan orkestranya?


==


Maestra : The Strings of Truth diadaptasi dari seri TV Prancis yang berjudul  Philharmonia. Yang paling saya suka dari serial ini selain thrillernya, adalah kisah tentang lika-liku Cha Se-eum sebagai konduktor orkestra. Kebetulan suka dengan musik klasik dan pernah bermain biola (tapi belum pernah ikut orkestra karena masih cupu wkwk).  


Sebagai bonus, ternyata drakor ini banyak plot twist-nya dan disisipi unsur thriller. Sesuatu, yang mungkin pembaca blog ini tahu, saya suka banget, dong. Karena kalau kisah cinta saja, jujur sering mengantuk. Jadi alih-alih drama saya lebih suka menyebut Maestra : The String of Truth sebagai drama misteri dan thriller.



Saya juga suka akting Lee Young sebagai Cha Se-eum yang dingin, logis, dan tegar. Sangat berbeda dengan tokoh-tokoh wanita drakor pada umumnya, sorry to say, mudah sekali menangis dan kelihatan fragile. Lee Young mengingatkan saya pada aktris-aktris j-dorama yang mampu mengungkapkan kesedihan dalam diam tanpa harus banyak keluar air mata. 


Lee Mo-saeng sebagai  Yoo Jung-jae juga cukup menonjol. Chemistry antara dua orang ini dapatlah, apalagi kalau lagi berantem. Ya, tipikal drakor, selalu ada dua orang pria yang memperebutkan satu wanita. Biasanya tokoh kedua suka apes, mau berjuang gimanapun, eh, si tokoh wanita cewek balik lagi-balik lagi ke tokoh utama cowok (yang kadang nggak berjuang sekeras tokoh kedua sama sekali)! 😂 Nasib Yoo Jung-jae, apakah seburuk itu?


Di akhir cerita saya sudah bisa menebak-nebak sumber permasalahan di sekitar Cha Se-eum, tapi saya nggak akan spoiler, jangan khawatir.😁 Yang jelas adegan terakhir, dimana ada sebuah pancingan dan ikannya terpancing cukup impresif. Sangat indah dan bisa dinikmati.


Saya belajar beberapa referensi baru entah tentang orkestra maupun hal lain di serial ini. Lumayan menambah wawasan nontonnya. Maestra : Strings of Truth belum banyak ulasannya di dunia maya. Mungkin karena seri ini masih baru. Kamu bisa menontonnya di Disney+ Hotstar. Semoga bisa dinikmati. 


Bagaimana menurutmu? Apakah kamu punya referensi drakor lain dengan tema sejenis?



12 comments:

  1. Drakor emang menarik buat di bahas, pemeran atau tokohnya emang punya akting yang bagus sih, emang sih kebanyakan Drakor buat pemeran wanitanya suka kadang keliatan imut dan mimik wajah keq tanpa dosa, beda dengan karakter wanita di film ini ya yang keras ,tegas dan no mewek"barangkali karena dia seorang konduktor orkestra yg pekerja keras dan mandiri ? Entahlah itu hanya dugaan saya aja hehe..wah mbknya juga ternyata jago main biola..kereen ih😀👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu deskripsinya pas betul...imut dan mimik wajah bening tanpa dosa. Wkwk. Ya karena karakter dari Cha Se-eum memang tegas dan sudah sangat dewasa.

      Anu...terimakasih tapi label jago itu nggak cocok untuk saya...beneran cupu mainnya dibanding yang lain wkwk...

      Delete
  2. kalo drama cinta itu memang lama lama liatnya basi hehe, tapi kalo dicampur sama thriller bisa lebih menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya formulanya begitu-begitu saja, ya. Kalau nggak thriller, unsur komedi juga bolehlah..

      Delete
  3. aku ndak punya list drakor mba.. Tapi kemarinan sempet abis nonton film Door Lockk.. wkwk 😂 cukup menegangkann kalau Mba Phebs suka semi thriller meskipun nggak terlalu dilihatin. kemarinan juga baru rampung nonton Drakor Sweet Home 2.. Bagus juga menurutku, cuma lebih senang yang Sweet Home 1.. terus apalagi ya..

    Ohh itu Connect.. wkwk. Fantasi Thriller kayanya. dan itu bagusss juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih rekomennya mas bay nanti cari-cari ah...

      Delete
  4. Terus terang saya ga pernah nonton drakor, Mbak.
    Kalau film Korea sering saya tonton. Terutama film yang bertema kerajaan dan detektif. Bagus-bagus baik ceritanya, settingnya dan plotnya.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Korea memang punya banyak genre yang bisa dinikmati semua ya pak

      Delete
  5. Wah ini drama yang diperankan oleh Jang Geum. Huahaha lugas sekali doski di drama ini.
    Jujurly aku penggila drama korea, hanya saja sekarang lagi rehat. Fokus di film dan varierty show. Biar ga mikir seru kalau liat drama, apalagi yang penulisannya macam the penthouse. Haha . Nonton dramanya igit-igit mulu, macam sinetron negara Konoha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemeran Jang Geum maksudnya mbak? Ya kebetulan perannya tokoh yang tegas.
      Ahaha lagi rehat drakor ya...

      Delete
  6. Aku udah uninstall Disney , tapi tadi cari di loklok untungnya ada. Walopun msh berharap bisa masuk Netflix.

    Pernah liat nih trailernya, dan memang udh tertarik tp aku mau baca Bbrp review mba. Kalo dr yg mba tulis, sepertinya memang baguuus 😍. Apalagi ada unsur pembunuhan. Aku suka genre begini. Biar ada tegangnya kan 😄

    Kalo Drakor aku msh seneng nontonnya, cuma 16 eps, paling mentok 32eps itupun 30 menit doang per eps nya.

    tapi dracin Mon maaf lah, lamaaa BANGETTTT itu eps 😂😂. Ga sanggub nontonnya. Apalagi sinetron 🤣. Dari bayi sampe nenek moyang kurasa ditampilin, ga selesai2 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang nayangin ya....Kalau nggak ada thrillernya mungkin sudah skip deh. Dan memang bagusnya ada unsur seni juga. Berkelas. Haha dracin entah kenapa suka dipanjang-panjangin ya sampai pemerannya mungkin sudah tambah dewasa..

      Delete