lyfe and reviews

Kemana Perginya Semangat Blogging?



Belakangan lebih aktif di Instagram jadi blog lupa-lupa ingat di update. Untungnya saya lihat teman-teman blogger yang saya follow masih aktif, jadi agak semangat. 


Blogger datang dan pergi. Saya ingat bener waktu jaman pandemi aktifnya di blog minta ampun, deh. Ngalah-ngalahin media sosial. Terutama karena ada blogger-blogger yang fenomenal dan aktif. Tapi sekarang mulai turun lagi animo nge-blog seiring dengan berkurangnya juga blogger-blogger diatas. 


Dari sini sebetulnya bisa diketahui apakah nge-blog karena memang arus sementara, atau pada dasarnya  memang doyan saja. Kalau yang terakhir ini saya lihat, ada yang tetap konsisten nge-blog walaupun arus kunjungan sudah surut. Kebanyakan blogger tersebut menulis dengan random seputar cerita sehari-hari. Mungkin itu yang awet, kali ya. Nggak usah memikirkan banyak pengunjung yang penting tetap menulis saja. 


Contoh blogger yang selalu konsisten di platform wordpress adalah mbak Dewi di dewipuspasari.net dan mbak Anna di liwunfamily.com, mba Fanny di dcatqueen.comSementara di blogspot ada mba Jane  di janereggievia.com.


*Psst. Kamu sendiri gimana, belakangan konsisten nggak? Angkat tangan, dong biar saya bisa blogwalking dan kecipratan semangat. 😃*


Patah tumbuh hilang berganti, saya lihat ada juga blogger-blogger baru yang rumahnya menarik untuk dikunjungi.


Sebagai catatan, hal kurang bagus akibat terlalu lama main di medsos, yang saya rasakan, jadi suka kurang sabar dengan Zen-nya blog. Maksudnya, interaktifnya blog kan lebih lambat. Ketika blogwalking dan saling balas, menunggu jawaban dan kunjungan balik, kok rasanya lamaa! *Belum tentu ada yang berkunjung juga karena belakangan sudah jarang aktif di blog*😆


Tetap blog ini akan saya pertahankan karena akan menjadi tempat kumpulan tulisan yang bisa jadi kenang-kenangan (diambil dari berbagai tulisan di blog lawas lalu di pos dimari). Selain review-review, rencananya jadi penyimpanan untuk karya-karya kreatif juga. 


Sebagai penutup, biar nyindir semangat sendiri untuk nge-blog, perlu mendengarkan lagu ini :



Liriknya di pelesetin :


Kemana Perginya Semangat Blogging?

Diambil sama media sosial.


Ash ash ayo tetap semangat!


Kamu sendiri gimana kabar nge-blognya?😃 Konsisten atau tidak kenapa alasannya?


16 comments:

  1. Byahahah 🤣🤣 aku aku aku.. kemarin Juni smpet mangkir dari Blog hampir 3 bulan lamanya...

    Sparknya kaya hilang aja... ada niatan buat nulis, tapi nggak pernah selesai.. kemudian jadi draft.. bikin tema baru. Nggak selesai terus jadi draft.. 🤣🥲 gtu2 aja smpe draft kekumpul terus dihapusin 😅..

    Kalau dilihat dari digital wellbeing. Jam Igku sumpah banyak banget.. baterai hp habis kayanya 70 persen cuma buat Ig'an..

    Aplikasi Top 1 aja Ig 🥲.. ckck

    Kmarin aku gabung komunitas Mba Fanny mba.. disitu kumpul para Blogger yg masih Aktif. Dan mereka lagi ngadain Bw. Aku ikutan biar setidaknya ada paksaan buat aktif lagi 🤣 ditambah akhir2 ini postingan Ig isinya foto atau video yg bikin trigger jadi aku lagi nyari pelarian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh kan medsos itu memang penyebab segala 🤣 Tapi kalau lagi males medsos baliknya ke blog lagi yach.

      Wah mau dong dimana koordinat komunitasnya mba Fanny? Perlu di pecut ini semangat nge blog😅

      Delete
  2. Blog itu udah kayak anakku mba, JD ga mungkin bosen 😂😂. Aku lebih rela kehilangan medsos drpd kehilangan blog.

    Justru tiap kali detoks, aku pasti detoks sosmed, bukan detoks blog. Krn memang blog yg selama ini jd terapi healing.

    Syukurnya Skr udh bisa rutin seminggu sekali, setelah sebelumnya 2 Minggu sekali. Seminggu sekali buatku udah pas, Krn aku butuh waki juga buat interaksi Ama temen2 yg DTG komen.

    Hayuuuk semangaaaat 😄.aku termasuk yg msh rutin utk BW dan nulis di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panjang umur mba baru ngobrol soal mba Fanny. Nggak pernah detoks blog juga karena ga ada racunnya sama sekali blog itu wkwk..gak kayak medsos.

      Ayuk ayuk tularkan semangatmu ngeblog mbaaa..

      Delete
  3. Saya baru aja mulai ngeblog mbak..ketinggalan banget kayaknya, baru setahun lebih berapa hari, jadi belom ada pengalaman sama sekali hehe, ya demen aja berbagi walau yg di bagi koq ya rasanya gak penting "amat, kebanyakan juga curhatan wkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak ya memang ngeblog sebetulnya niat berbagi yang paling kuat..semoga betah dan semakin semangat ya. Masih banyak yang ngeblog bila dicari...

      Delete
  4. kak phebs...perasaan blog kamu ada beberapa. Dan yang ini aku lupa. Malah ingat yang cerita fotografi. Itu pun juga lama ga diupdate :D

    Dua bulan ini aku juga stuck ngeblog. Biasanya punya beberapa stok tulisan siap tayang. Di bulan lalu kehabisa stok, di bulan ini mulai nambah menyimpan draft tulisan. Yaa mesti stuck, setidaknya setiap bulan masih publish minimal satu tulisan dari yang biasanya 1 minggu 1 tulisan...hiiks (*menghibur diri..hahhahaha)

    ayolah semangat ngeblog lagi. Nanti aku bakal rutin berkunjung ke sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada ini dan tiga lagi hihihi (peternak blog). Ohya cerita fotografi belum di update huk huk. Bukan kurang ide tapi lagi ada kesulitan transfer foto-foto yang dihasilkan. Moga-moga bisa update dalam waktu dekat.

      Nah iya, mas Vay itu panutan banget konsisten update walaupun 1 week 1 post. AKu kadang 6 months 1 post *DZIEGG*

      Makasih mas, jadi semangat nih.

      Delete
  5. semangat masih ada, tapii ya gitu nulisnya yang ga ada semangat hahaha
    plus ditambah kesibukan ngantor, kadang kayak jadi alasan aja. Padahal kalau disempetin nulis, harusnya ya bisa

    terus mau BW ke temen temen blogger yang lama-lama, sampe lupa alamat domainnya kwkwk, punya mba febi aja, kalau tadi mba febi ga komen di blogku lebih dulu, mungkin aku lupa juga alamat blog mba febi, soalnya ada beberapa blog kan ya?

    blog temen temen yang lain, kalau dulu aku BW rutin mingguan misalnya, sampe hapal nama domainnya, sekarang malah pikun, jadi kudu mengingat-ingat alamat blog A apa ya

    tetep semangat pokoknya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku kadang seiring waktu kadang suka lupa juga alamat blog teman-teman (my bad), makanya sekarang kembali mengumpulkan di reading list, atau blogwalking ke yang masih ingat dan lihat di kolom reply.

      Yosh yosh semangat juga ya mba Ainun!

      Delete
  6. Wah sama, ternyata yang malas ngeblog karena main sosmed kirain aku doang ternyata kak Phebie juga.

    Tapi karena dasarnya hobi ngeblog sekarang mulai menulis lagi, tapi agak kaku karena dua bulan tidak nulis.

    Baru tahu mbak Fanny di blogspot, kirain Wordpress.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Medsos memang ratjun hahaha...tapi kebanyakan nulis di medsos itu orang komennya malah cap nya kepanjangan hahaha...Enakan di blog memang.

      Eh iya iya iya...makasih pemberitahuannya mas Agus. Akan kuedit.

      Delete
  7. Entah ini tulisan keberapa yang aku temui soal blogger yang mulai kehilangan semangat/mood nulis tapi gakmau sepenuhnya ninggalin blog karena isinya banyak kenang2annya. Akupun gituuu kakk, sempet males dan berasa gapunya waktu buat nulis waktu awal2 punya anak. Sekarang maksain diri untuk ngeblog lagi walaupun udh juaraang bgt ada yang mampir/komen, tapii gapapa, pokoknya gasss terosh paling engga blogwaking agar silaturahmi tydac terputus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Nadya, terima kasih sudah berkunjung. Hahaha banyak ya yang nulis hal serupa. Iya mau nggak mau kita sendiri yang harus memotivasi diri. Tapi setelah ngerasain lagi lumayan semangat loh...

      Delete
  8. Halo Mbak, salam kenal pada kunjungan pertama ini.

    Saya pernah aktif juga ngeblog di wordpress. Entah kenapa semangat menulis hilang, dan beberapa tahun dibiarkan tanpa update.
    Baru beberapa bulan ini saya coba ngeblog lagi. Niat menulis apa saja seputar keseharian saya. Kali ini saya pakai blogspot. Jadi beginilah tulisan yang dimuat hanya seperti catatan harian saja.

    Moga Mbak kembali bangkit semangat ngeblognya...

    Salam persahabatan dari saya di Sukabumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dan salam persahabatan juga pak. Terima kasih masukannya. Paling mudah memang membuat tulisan dengan motivasi sebagai catatan harian ya.

      Delete