lyfe and reviews

Review Film : The Atonement



Beberapa waktu lalu aku menonton film lama berjudul The Atonement. Yang main Kiera Knightley, James McAvoy, dan Saoirse Ronan.


Setting cerita ini adalah di Inggris sebelum pecahnya perang dunia (tahun 1935-an). Alkisah ada dua bersaudara cewek,  Briony Tallis remaja yang memiliki hobi menulis, beserta kakaknya yang cantik Cecilia Tallis.  


Dua bersaudara cewek diam-diam menyukai si tampan Robbie Turner, anak pengurus rumah. Robbie yang sudah dewasa menyukai Cecilia. Mereka saling menyukai dan melakukan hal-hal dewasa yang disaksikan oleh Briony. 


Briony bercampur rasa cemburu menganggap Robbie adalah seorang maniak. Pada suatu malam terjadi  tindak kriminal pemerkosaan terhadap salah satu sepupu Tallis bersaudara.  Briony kemudian melaporkan itu sebagai kejahatan Robbie. Hal tersebut membuat pria muda itu diciduk polisi.




Saat Perang Dunia pecah, Robbie yang telah bebas direkrut menjadi tentara untuk berperang. Cecilia juga menjadi perawat di sebuah rumah sakit. Briony dewasa, memendam rasa bersalah pada Robbie dan Cecilia. Dia juga memutuskan menjadi perawat. 


Kisah selanjutnya bergulir di seputar bagaimana Briony berusaha menemukan pasangan yang terpisah itu. Demi mendapat pengampunan dan menebus kesalahan. 


Awalnya aku mengira  ending bakal klise seperti film Hollywood. Tapi ternyata. PLOT TIWST!


Sebagai sesama penyuka tulisan aku merasa bisa empati pada Briony. Berusaha mendapatkan penebusan kesalahan melalui tulisan yang ciamik.


Kiera Knightley di film ini kelihatan cakep banget. Gaun pas dengan perawakannya. Stylish.  


James McAvoy, hmm. awalnya nggak ngeh dia itu terkenal di film apa. Ternyata  pemeran Mr. X di X-Men. Pantesan familiar. Tapi semenjak sadar akan hal itu yang ada sepanjang cerita aku jadi mikirnya dia tuh jadi Mr. X.




Diantara semua pemain kesan paling kuat pada remaja Saoirse Ronan. Aktingnya bagus dan dapat banget sebagai remaja tanggung yang pendiam dan cemburu. Sampai bergidik melihat tatapannya saat memutuskan untuk "menghukum" Robbie. Kayaknya anak ini bakal jadi artis besar. 


Terbukti di masa sekarang, Saoirse Ronan dewasa bersinar terang, saat menjadi pemeran utama film Brooklyn, Lady Bird, dan Little Women (sebagai Jo March).


Apakah kamu pernah menonton film drama sejarah dengan plot twist yang bagus? Rekomendasinya dong...




4 comments:

  1. Kiera Knightley memang cakep pakai kostum apa saja, aktingnya juga bagus.

    The Atonement ini settingnya di masa sebelum perang dunia kedua dan setelahnya ya mbak.

    Duh, gara gara Briony cemburu pada Robbie akhirnya malah melaporkan ke pihak polisi saat ada kejahatan ya. Cinta memang bisa bikin orang jadi hilang kendali ya, biarpun setelah itu Briony jadi menyesal dan berusaha menebusnya.

    Untuk rekomendasi film, udah pernah nonton film Midnight Sun belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting masa perangnya yang menarik dan plot twistnya juga, Ea..Belum pernah nonton Midnight Sun

      Delete
  2. aku jadi penasatan dengan filmnya, apalagi tokohnya ada yang penulis hehehe ....

    ReplyDelete