lyfe and reviews

Review Penulis Favorit : Michael Crichton

“Books aren’t written – they’re rewritten. Including your own. ” – Michael Crichton

Gara-gara kak Endah bahas tentang Jurassic World Dominion, aku ingin mendongeng indah tentang pengarang bukunya, salah satu penulis favoritku.


Yaitu....*drumrolls*


Michael Crichton. Siapa yang sudah kenal?😃


Di masa dimana stasiun TV swasta mulai bermunculan, gue ingat pernah menyaksikan sebuah film yang benar-benar membuat  bengong. Ceritanya tentang sekelompok ilmuwan yang harus berhadapan dengan alien berbentuk mikroorganisme membuat darah manusia beku. Judul film itu The Andromeda Strain. Diadaptasi dari buku berjudul sama, penulis Michael Crichton (MC). Itulah perkenalan pertama saya dengan film dan genre thriller fiksi sains.



Film klasik The Andromedra Strain diadaptasi dari novel berjudul serupa. Walaupun klasik aura thriller nya kentara banget.
(Gambar : pinterest.com)

Bersamaan dengan pesatnya teknologi digital, terjadi booming kisah Jurassic Park yang disutradarai oleh Steven Spielberg


Perlahan, aku sadar sudah banyak menikmati karya MC . Contoh : Jurassic Park, The Lost World, Rising Sun, Twister, The 13th Warrior, Timeline, dsb. Dan ternyata dia juga membidani serial TV Emergency Room (ER) yang kemudian meroketkan nama seorang George Clooney.


Buku MC pertama yang kubaca adalah Congo, disini suspensenya tidak jauh berbeda dengan ketika menonton film. Bahkan bisa dibilang lebih bagus. Berturut-turut aku melengkapi membaca karya-karya MC lain.  


Novel-novelnya antara lain (beberapa sudah dijadikan film) : The Venom Business, Drug of Choice, Dealing, Grave Descend, Binary, The Andromeda Strain, The Terminal Man, The Great Train Robbery, Eaters of the Dead, Congo, Sphere, Jurassic Park, Rising Sun, Disclosure, The Lost World, Airframe, Timeline, Prey, State of Fear, Next. Tulisan non fiksi : Five Patients, Jasper Johns, Electronic Life, dan Travels.


Selain karya di atas masih sering diterbitkan novel yang diterbitkan posthumous, dibantu oleh pengarang lain : Pirate Latitudes, Micro, Dragon Teeth, The Andromeda Evolution.



Film Sphere yang dibintangi Dustin Hoffman, Sharon Stone, dan Samuel L. Jackson. Diadaptasi dari novel Sphere.

Yang istimewa dari karya MC, dia selalu mengangkat isu yang kontraversial, up-to-date,  dan mampu melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda. Sebagai contoh, masalah  hubungan bisnis Amerika Jepang di Rising Sun, malpraktek dokter di A Case of Need,  pelecehan seksual pegawai wanita pada pegawai pria di Disclosure, manipulasi isu pemanasan global di State of Fear, rekayasa genetika dalam Next, dsb.


Bila pengarang-pengarang lain terjebak dalam kasus satu bidang saja,  yang mengancam membuat pembaca bosan, MC mengajak pembacanya ke berbagai variasi kasus terkini, dari sosial, politik, hukum, kedokteran, sejarah, teknologi. Selipan bibliografi di tiap buku yang menunjukkan sebuah riset yang tidak main-main. Tidak jarang ceritanya juga membuka mataku. Rasanya seperti mengikuti kuliah di kelas dalam bungkus dongeng. Atau membaca semacam disertasi.



Yang paling terkenal dari semuanya.....seri Jurassic! Walau hanya  berasal dari dua novel Crichton saja, tapi turunan filmnya lumayan banyak ! Jurassic World Dominion adalah yang terbaru!


Aku percaya karya seseorang, bisa mencerminkan kepribadian pengarang. Dan menelaah buku-buku MC mudah ditebak, bagaimana tinggi minat MC akan banyak bidang. Membuat  penasaran, siapa sebetulnya orang ini.  


Daaaan ketika melihat sekilas backgroundnya, tidak heran kenapa lataran belakang sains di novelnya begitu kental. 😎


Begini biografi singkatnya.


John Michael Crichton, lahir tahun 1942, adalah anak seorang jurnalis di Amerika. Ia mewarisi minat menulis, jiwa petualangan ayahnya, plus diberkati kejeniusan. Di usia 14 tahun tulisannya mengenai traveling sudah diterbitkan oleh New York Times dan ia mampu membuat sebuah tulisan dalam 10.000 kata perhari.


Setelah lulus dari jurusan biologi antropologi dari Harvard College dengan predikat summa cum laude,  MC melanjutkan studi di Harvard Medical School, mendapat gelar MD sembari memulai debut novel.  Selain itu dia juga mendirikan perusahaan software dan membuat beberapa game. 


Tidak puas,  ia kembali  melanjutkan studi sampai ke program doktoral dan terus aktif menulis.  Ia perlahan menjadi terkenal dengan novel atas namanya sendiri. Selanjutnya MC mulai merambah ke wilayah sinematografi sebagai sutradara serta penulis, sekaligus terus menerus aktif memberi ceramah dan kuliah di universitas-universitas.


Film Disclosure, dari bukunya gue pertama kali belajar tentang masa depan teknologi VR dan Second Life


“Sometimes women scare the hell out of me.”– Disclosure

 

Meskipun sudah terkenal, dengan gelar dan talenta serba bisa, MC masih tetap seseorang imajinatif yang percaya pada banyak hal-hal yang jauh diluar nalar dan tetap malu-malu dengan tinggi badannya yang mencapai 2 meter lebih.


Kejeniusan dan tampilan fisik ini, diakui sering membuat ia merasa kesepian hidup di dunianya sendiri. Bahkan ketika memulai debut novel, MC memilih memakai nama samaran John Lange (Lange=panjang )  dan Jeffery Hudson (tokoh orang kerdil).  Tetap merasa kikuk walaupun dirinya masuk ke Fifty Most Beautiful People versi majalah People Magazine (1992).  MC agaknya menempuh jalan meditatif serta kecanduan kerja  untuk menghindari  kecenderungan depresi dan rasa terasing dalam pergaulan. Perkawinannya banyak berakhir dengan perceraian,  empat kali berturut-turut.


Fosil dinosaurus yang  dinamakan atas nama Crichton : Crichtonsaurus Bohlini. 

(Gambar : wikipedia)


Untuk kehidupan pribadi,  MC  memang cenderung memilih  jauh dari sorotan media, bahkan publik tidak tahu mengenai kondisi kesehatan sang pengarang, yang terus menurun.  Ia  didiagnosa  menderita kanker dan menjalani kemoterapi selama beberapa tahun, sampai  kemudian komplikasi merenggut nyawa bapak dinosaurus Jurrassic  Park ini di tahun 2008, meninggalkan istri ke limanya,  dua orang anak, dan dua novel yang belum sempat diterbitkan.  


MC tetap dikenang sebagai salah satu pengarang fiksi sains dan thriller terbaik, berkat karya-karyanya, prestasi dengan berderet penghargaan,  serta sebuah fosil dinosaurus  temuan tahun 2003 yang di beri nama latin Crichtonsaurus Bohlini.


------

Kalian pernah menonton atau membaca karya Michael Crichton? Yang mana?


2 comments:

  1. Penulis hebat ❤️❤️❤️. Gila Yaa, imajinasinya bisa sampe kiat banget gitu, tapi jujur khusus MC, aku LBH suka setelah buku2nya difilmkan mba, mungkin Krn agak berat, jadi terkadang baru bisa nangkep maksudnya setelah melihat visualnya 😅. Tapi kalonudh nonton filmnya, trus baca buku dia, itu udh ga masalah sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terniat beneran. Ya better nonton filmnya dulu supaya ga terlalu banyak ekspektasi😅

      Delete