lyfe and reviews

Corat-coret


Corat-coret itu menyenangkan.  Mau pakai media apa saja. Manusia memerlukan imajinasi, kalau nggak mungkin bisa kering hidupnya. Well, setidaknya untukku.


Dulu aku suka sekali melukis, walaupun lebih banyak menggambar daripada mewarnai. Sayang seiring berjalannya waktu, tidak banyak waktu untuk melakukan itu.  Sekarang, seharusnya ada motivasi untuk lebih banyak berekspresi dengan gambar. 

Acrylic

Tools yang paling sering  kugunakan hanya kertas, pensil, atau bolpen. Jaman sekarang sebetulnya sudah ada teknologi lain seperti apps di Ipad yang bisa bikin gambar lebih bagus dan rapi. Cuma entah kenapa aku lebih nyaman dengan cara konservatif, yang secara fisik alatnya bisa disentuh serta bahannya nyata. 

Fantasi

Dari yang aku baca-baca, yang seperti itu sebetulnya bagus buat mempertajam "rasa", melampaui kemampuan teknologi. Kreator jadi lebih hati-hati karena nggak mudah untuk hapus-hapus kapan suka. Kalau sudah salah coret atau warna, ya harus mengulang lagi. Makanya setiap langkah harus dipikirkan dan keterampilan perlu diasah. Pelan-pelan itu membuat motorik halus kita terlatih.


Untuk mewarnai, kadang aku pakai copic (yang sekarang nggak semahal dulu), cat poster, dan acrylic. Sebab mereka sangat mudah dikendalikan.  Yes,  aku biasa dengan sesuatu yang terkontrol. Gambar fitur dan gambar di bawah Ini adalah beberapa karya aku menggunakan medium itu.

Still life 


Di hari gini, aku menemukan tantangan baru: mencoba mendalami  cat air. Cat air adalah medium yang buatku lumayan menantang, sebab sifatnya sangat susah dikendalikan!


Bandel, kalau orang bilang. Jadi untuk menguasainya harus menggunakan teknik berbeda dibanding cat acrylic, poster, atau minyak. Hasil lukisan cat air warnanya juga tipis-tipis, tidak setebal kawan-kawan cat lainnya!


Setelah mempelajari banyak alatnya, aku melihat sekarang sudah ada yang namanya water brush, semacam pena kuas. Disini kuas bersatu dengan airnya, kalau mau menambahkan air ke kuas tinggal ditekan. Nah, ini model peralatan baru buatku, yang biasa menggunakan kuas konvensional.


Water Brushes


Tertarik, aku coba beli water brush, merek Koi Sakura. Besar kuasnya bervariasi ada nomor 2, 6, 8. Untuk nomor 6 ada yang ujung kuasnya datar. Untuk tube airnya sendiri sebetulnya ada 2 jenis, yang 4ml dan 8ml. Tinggal pilih cocoknya yang mana. Kalau 8ml jelas sedikit lebih besar, sehingga air yang tertampung lebih banyak.


Water brush model begini cocok buat mereka yang melukis sambil traveling. Soalnya nggak perlu repot kan bawa penampungan air. Walaupun ada juga yang tetap pilih memakai kuas yang bisa dilipat kecil, ya. Again, itu selera masing-masing. Aku sendiri ingin mencoba dulu pakai water brush, sebab kuas lipat dengan kualitas baik yang tersedia di pasaran lumayan mehong. Lagipula aku masih belum terlalu menguasai cat air. 


Cotman Water Colour Pan


Untuk cat air, aku sebetulnya punya banyak pilihan. Bisa pakai yang model tube atau pan (cake), bahkan bisa saja model aquarell (ini juga sebetulnya masuk cat air). Aku pakai Cotman model pan, pilihan warnanya asyik-asyik soalnya. 😙 Sebelumnya aku pakai model tube untuk berlatih, karena masih punya beberapa sisa, lumayan untuk dapat "feeling" nya cat air.


Iseng coret-coret latihan


Yang aku kurang sreg dari model tube adalah, mereka cenderung membuat tempat jadi belepotan, membersihkannya ribet. Kalau pan tinggal campur air di tempat. Memang lebih sedikit warnanya ya. Untuk traveling,  cat air model terakhir ini sangat membantu karena super praktis. 


Kembali kepada pilihan masing-masing, kali yah.


Demikian sekilas update tentang corat-coretku. Kapan-kapan bahas lagi.


Suka melukis juga?


6 comments:

  1. Suka melukis juga ya Mbak?
    Jadi inget zaman SMP. Kalo ga salah ingat waktu itu ada hari khusus untuk pelajaran ketrampilan. Saya pilih pelajaran melukis. Pakai crayon terus pakai cat air. Sayangnya gak lagi ditekuni saat SMA.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka tapi sudah jarang huhu....Melukis pakai cat air memang asyik sebenarnya. Ayo ditekuni lagi pak...

      Delete
  2. Saya paling demen kalau liat orang pinter ngelukis ato ngegambar..keren deh karena saya ga bisa samsek,unik aja liatnya punya sesuatu yg ga semua orang bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih...kalau berminat semua orang bisa belajar lho...^^

      Delete
  3. Aku selalu iri sama orang-orang yang bisa melukis, mewarnai, pokoknya orang-orang yang punya jiwa seni. Karena aku gak punya jiwa seni sama sekali. Huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. etapi pengalamanku di pelatihan art therapy yang merasa nggak punya jiwa seni menurut orang lain hasil gambarnya menarik-menarik lho^^

      Delete