lyfe and reviews

Review Hosting dan Domain : Subdomain Wordpress

Beberapa waktu lalu ada seorang kawan blogger yang sedang merasa kesulitan menentukan pilihan apakah akan tetap ada di blogspot atau pindah ke wordpress.com (gratisan).


Saya akan memberikan sedikit cerita tentang wordpress.com. Yang saya sukai dari wordpress adalah kebebasan yang luas untuk memilih subdomain!


Ceritanya wordpress di tahun 2019 membuat gebrakan dengan mengenalkan subdomain baru yaitu .blog. Sayangnya sedikit sekali yang mengetahui. Padahal tujuan diadakannya alternatif baru ini untuk meningkatkan animo ngeblog bagi blogger-blogger baru (ataupun lama).



Agaknya pembelian domain .blog oleh Automatic ini disebabkan oleh semakin sulitnya pengguna baru wordpress mendapatkan nama baru.


Apa saja sub domain yang "tersedia"? Ternyata lumayan banyak!


art.blog
business.blog
car.blog
code.blog
data.blog
design.blog
family.blog
fashion.blog
finance.blog
fitness.blog
food.blog
game.blog
health.blog
home.blog
law.blog
movie.blog
music.blog
news.blog
photo.blog
poetry.blog
politics.blog
school.blog
science.blog
sport.blog
tech.blog
travel.blog
video.blog
water.blog


Phew..banyak, ya? Jadi nggak ada alasan buat "kehabisan nama".


Sebagai contoh, nama blog kamu "Abangabang", tema blog kamu travel, tinggal daftar dan pilih nama abangabang.travel.blog. Apalagi bila nama "abang-abang" di wordpress.com sudah habis!


Beberapa blogger tentu tergoda oleh domain .blog ini. Karena jika harus khusus beli domain akhiran .blog harganya lumayan menguras kantong. Ini sudah dapat gratis, dari wordpress pula. Bela-belain meninggalkan hostingan berbayar dan tempat menulis gratisan di platform tetangga.😁 Lagipula jadi terdengar lebih niche dan spesifik bagi blogger-blogger yang memang tema dan peminatannya sesuai pilihan di atas.


Kalau yang tipe lifestyle atau blogger gado-gado bagaimana? Mereka cenderung pilih .home.blog yang netral, serta merupakan pilihan subdomain pertama yang ditawarkan di kotak opsi.


Saya pernah mencoba mendaftar untuk sebuah niche, ternyata gampang dan tidak ada bedanya dengan wordpress.com. Paling saat masuk ke admin saja kita akan tetap dialihkan ke subdomain nama blog.niche ditambah akhiran .wordpress.com. Sebagai contoh di nama abangabang.travel.blog tadi, akan dialihkan ke abangabangtravel.wordpress.com/wp-admin. Sudah, itu aja.


Sayangnya bila kamu sudah terlanjur punya akhiran wordpress.com, tidak bisa diubah menjadi subdomain baru. Jadi harus bikin baru, mulai dari awal. Jangan lupa ketikkan subdomain yang kamu mau, ya. Dan lihat apakah masih tersedia.


Subdomain-subdomain wordpress ini bisa kalian jadikan alternatif, terutama bagi kamu yang memikirkan ngeblog tapi ingin tampak lebih "serius" tanpa keluar banyak modal. Atau kamu yang sudah kepepet jatah media filesnya di titik kritis karena kebanyakan upload meme nggak bisa nambah. Dari pada pusing cari nama lagi kan?😁


Apakah kamu sudah tahu tentang subdomain baru dari wordpress? Tertarik dengan apa yang di tawarkan?


Gambar diambil dari pixabay


10 comments:

  1. Aku baru tahu subdomain blog dari wordpress. Sepertinya seru ya kalau buat blog baru, tapi aku sih kayaknya gak minat deh. Blog yang ada aja jarang diupdate. Kalau nambah blog lagi, bingung ngurusnya. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mba Kimi. Sayang kalau nggak diurus yaa

      Delete
  2. sangat sangat sangat sangat bermanfaat apalagi yang suka ngeblog

    ReplyDelete
  3. Dulu aku milih WP, bukan Krn pilihan sih. Tapi pas minta tolong temen buatin blog yg berbayar, supaya rajin update, si temen milihnya WP dengan domain dan hosting berbayar. 😁.

    Aku nya sendiri bisa dibilang gaptek kalo urusan teknikal nya mba, cuma update tulisan aja. Urusan maintenance, bayar annual fee, itu aku serahin ke temenku yg bikin 😄. Tinggal aku transfer . Tapi selama pAke WP , memang enak sih. Kayaknya ga seribet blogspot. Krn sebelum WP, aku kan pake itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, mba aku akuin juga WP berbayar itu ibarat rumah sendiri. Enak suka-suka kita aturnya bagaimana. Cuma secara cost memang lebih murah wp gratisan atau blogspot. Ya. Kembali ke pilihan masing-masing hihihi...

      Delete
  4. Menarik nih tawarannya wordpress, sayang wordpress saya sudah ga aktif. Sekarang menggunakan blogspot dan beli custom domain berakhiran "id". Nice info Mbak dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  5. Wow banyak juga ya subdomain barunya, hampir semua niche ada, Btw fitur lain ada yg nambah ga, bisa pasang iklan adsense ga disana? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ada sudah dipasangin iklan wkwk...tapi iklan mereka buat mereka

      Delete