lyfe and reviews

Review Blog Platform : Blogspot dan Wordpress


Ngeblog di dua platform, yaitu blogspot dan wordpress, jadi mendulang banyak pengalaman. Beberapa hal bisa dipetik saat melakukan posting, reading dan blogwalking. 


Blogwalking. Kalau blogwalking di blogspot ya pakai platform blogspot karena tinggal komentar nggak perlu login atau isi kolom identitas dulu. Demikian juga saat blogwalking di wordpress, enaknya ya pakai wordpress. Akhirnya ada kalanya tiap platform blog saya punya followernya sendiri-sendiri (dari platform serupa). Walaupun memang ada teman-teman lintas platform yang berbaik hati mau bersusah-payah meninggalkan komen. 


Feel saat menulis. Rasanya sama saja, ya. Paling di blogspot ada beberapa fitur yang harus dipasang secara manual (seperti kode HTML), sementara di wordpress berbayar sudah ada fasilitas plugin, kalau wordpress versi free kudu pasrah terima apa adanya. 


Reader di wordpress

Reader/reading list. Yaitu blog-blog yang kita ikuti. Di blogspot namanya reading list, di wordpress namanya reader. Perbedaan kedua platform sangat jelas, terutama bila kamu pakai aplikasi jetpack dari wordpress. Kelihatan benar kalau wordpress ini memang jauuh lebih update daripada blogspot (gosip-gosip Google itu kayak ogah-ogahan update blogspot). Di wordpress kita dimanjakan dengan adanya kolom komen yang bisa langsung diisi saat buka reader. Jadi gak perlu repot lagi klik ke blog tersebut baru komen. Mirip-miriplah berkomentar di twitter. Blogspot? Hmm...masih sama saja belum ada perubahan. Paling akhir cuma ada fitur notifikasi saja, kalau salah satu blog ada yang dikasih komen, maka pada menu Your Blogs akan ada tanda kotak abu-abu. Udah itu aja. Yah, lumayanlah dulu kan nggak ada sama sekali.πŸ˜†

Free template dari Gooyabi template


Template blog. Saat wordpress itu rajin mengupdate template blog gratis mereka, bahkan wordpress gratisan menyediakan fitur membuat template sendiri (sederhana), nah blogspot apa kabar ya. Kelihatan gitu-gitu aja. Mencari template gratisan di blogspot mirip trial and error. Adanya template jadul semua. Kalau mau yang modern harus beli. Pakai yang gratisan tampilannya bisa berantakan dan harus diperbaiki satu-satu. Agak frustasi pokoknya kalau urusan template di blogspot.


Komunitas. Untuk orang Indonesia saya kok melihat belakangan banyakan di blogspot, ya. Dan biasanya blogger dalam negeri. Blogger yang tinggal di luar negeri cenderung memakai wordpress. Entahlah karena alasan apa. Atau saya masih kurang blogwalking? Ceritain dong kalau ternyata kondisi sebaliknya.


Singkat kata, ini pros dan cons lain dari dua platform blog : 


Blogspot :


(+) Bila mau dot com tinggal beli domain saja beres karena hosting nebeng google

(+) Mudah berkomentar ke sesama pengguna blogspot

(+) Bisa daftar google ads, konon lebih mudah

(+) Biarpun gratisan kita bisa kutak-katik template sampai nemu yang sreg

(+) Bisa nambahin fitur lain yang ada HTML nya seperti anti copas dan lain-lain

(+) Komunitasnya lebih aktif blogwalking


Notifikasi sederhana kalau ada reply di blogspot (ini termasuk baru loh)

(-) Fungsi notifikasi sederhana, bila ada reply atas komentar, kita nggak tahuπŸ˜•

(-) Nggak bebas karena nebeng, blog bisa diterminasi sewaktu-waktu oleh blogspot

(-) Tidak bisa impor postingan .xml dari wordpress atau platform blog lain.

(-) Tidak ada fitur pos privat/pakai password, pos privat hanya pakai draft.

(-) Update template cukup lama ada, template gratisan di luar banyak yang jadul


Wordpress :


(+) Ada fungsi notif yang fungsinya ganda, bisa berbalas komen dengan yang lain

(+) Berkomentar ke sesama pengguna wordpress mudah berkat fitur komentar di reader.

(+) Aplikasinya bisa di donlot buat posting blog dari hape, caranya mudah

(+) Fitur ekspor dan impor mudah dari berbagai platform blog

(+) Ada fitur untuk pos privat atau pakai password




Fitur notifikasi wordpress, tidak hanya berfungsi sebagai notif adanya komentator, 
tapi ada juga kilas respon blogger dari blog yang pernah kita komentari


(-) Bila pakai domain dot com, harus beli plan (lebih mahal daripada beli lokal)

(-) Untuk google ads pakai yang hostingan berbayar..

(-) Nggak bisa kutak-katik HTML dengan bebas

(-) Membutuhkan waktu untuk mempelajari sistem block dan kawan-kawan

(-)Komunitasnya tidak terlalu aktif blogwalking


Kamu sendiri bagaimana apakah sering blogwalking lintas platform atau (pernah) punya blog di dua platform berbeda? Mana yang menurutmu paling cocok? Paling favoritlah untuk saat ini...


Share pengalamanmu, ya.πŸ˜„


Gambar fitur : KevinKing dari pixabay.com



8 comments:

  1. dari awal bikinnya di Blogspot, dan baru beberapa bulan lalu coba beli hosting untuk blog wordpress. Awal pertama bingung banget, mau login aja bisa lupa caranya, kemarin inget, ehh hari ini bisa lupa, hahaha

    sejauh ini karena kebiasaan lebih banyak blogwalking di blog temen temen yang blogspot, enaknya tinggal ngetik komen aja, tanpa harus ngetik ulang nama, email dan alamat web.

    kalo di WP, tiap komen kadang dimintai terus nama, email dan alamat blog, padahal udah dicentang dibagian bawah yang kalau next time mau komen lagi ga perlu ngetik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enaknya komentar di blogspot begitu...di wordpress bisa juga asal kita login pakai wordpress.com yang dihubungkan dengan jetpack. Tapi kalau blog orang yang kita kunjungi ga memanfaatkan itu sepertinya harus isi manual.

      Delete
  2. Dulu"banget pernah nyobain pakai WP, tapi ngasal dan sekedar aja mbk..akhirnya gak berlanjut...trus th 2019 pernah pakai blogspot dan cuman bertahan bentar trus ngilang sayanya...terakhir ini thn 2022 akhir baru pakai blogspot lagi sampai saat ini ,menurut saya sih lebih mudah aja pakai blogspot, mungkin krna kebiasaan pake blogspot, tapi bener sih udah ketinggalan jaman template nya, gak ada pembaruan samasekali,emang kalo baca" google WP itu lebih profesional katanya, tapi saya cari yg simpel aja deh hehe...saya ada komen di beberapa temen yg pake WP pas ketemu yg gampang, ya bisa langsung komen,karena pernah buat akunnya yg baru, tapi pernah juga jadi ribet komen karna harus ini itu, dan ternyata koq pas temen dari WP klik mau balas komen malahan menuju blog WP saya yg dulu" banget yg udah mati gitulah 😁, satu lagi..bener sih komen di blogspot itu gak da pembaruannya,jadi tiap mau balas komen ngetiknya suka ngilang"gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mudah pakai blogspot menurut mbak ya? Memang wordpress sekarang agak rumit, butuh waktu untuk menguasai. Haha iya banyak jadulnya blogspot template.

      Kalau kita login ke wordpress dan komen di blog wordpress, suka yang otomatis kerekam alamat wordpress kita. Aku dulu ngakalinnya di profile wordpress alamat blog yang harus muncul diganti.

      Hmmm...iya kadang komen suka ngilang, tapi sepertinya blogger penulisnya pakai fitur review komen jadi dimoderasi dulu. Pernah juga komen di blog wordpress yang selalu ditolak karena error, setelah di cek ternyata dobel-dobel!

      Delete
  3. Naaaah, aku tuh sering lintas postingan mba, Krn blogku kan cuma Dcatqueen ini yg pakai WP. Sementara temen2 paling banyak pake BP. Even temen bloggers di Malaysia, hampir semuanya juga BP.

    Tapi ga masalah sih mba, cuma aku ga suka ama box komentar BP, ini ga diperbaiki Ama google ya, soalnya tiap kali nulis, trutama kalo pake hp, boxnya pasti naik ke atas, jadi kita ga bisa liat apa yg kita tulis, kalo komen panjaaaang. Hrs kita scrolling down lagi ke bawah. Sebelnya di situ.

    Eh impor postingan dari WP, maksudnya kalo mau ganti dari BP ke WP yaa? Soalnya dulu aku kan pake BP. Tapi akhirnya minta temen yg kerjaannya memang programmer, utk buatin blog di WP, dan pindahin semua tulisan lama di BP ke WP. Bisa sih, tapi tulisan lama ku, foto2nya jadi keciiiil πŸ˜‚πŸ˜‚ ga bisa digedein. Dan berantakan . Makanya tulisan lama aku blm sempet rapiin. Baru sedikit. Pelan2, masalahnya udh berapa tahun nulis, sebelum akhirnya pindah ke WP yg skr. Jadi banyak tulisan lama yg dulunya dari BP.

    Aku ga ngerasain banyak minus sih dr BP. Toh aku tetep bakal komen di blog temen2 yg pake BP juga. Lah lebih banyak soalnya πŸ˜….

    Oh trus, komen di BP itu suka bgt masuk ke spam. Duluuu zaman masih pake BP. Aku hrs cek spam tiap saat. Krn banyak komen temen yg masuk kesana. Padahal dia termasuk yg sering komen di aku. Krn kebiasaan cek spam, akhirnya di WP pun aku rutin cek spam juga mba. Terkadang msh ada aja komen temen yg juga nyasar. Tp ga sesering di Bp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lucunya dengan segala fitur yang kurang update malah blogger blogspot yang paling rajin blogwalking. Kapan-kapan bahas ah.

      Impor postingan itu kalau mau pindah platform misal dari BP ke WP bisa, tapi sebaliknya gak bisa harus disesuaikan kodenya (dulu ada web pengubah gratisan di internet tapi sekarang udah tutup). Mindahin dari BP ke WP mudah banget karena ada toolsnya. Untuk media memang, ngeselinnya kudu dibenerin satu-satu mbak. Duh.

      Sekarang sudah jarang sih komen di BP masuk spam. Kalau di WP malah banyak. Kenapa ya? wkwkk

      Delete
    2. dari WP ke BP bisa kok ... ada plugin namanya "Export to Blogger". Cuma, kalau konten kita sudah banyak, pindah ke blogger sama saja kehilangan traffic. Karena di blogger kita akan kesulitan redirect URL artikel. Hasilnya, akan ada banyak sekali halaman 404 yang ditemukan.
      Salam kenal ..

      Delete
  4. Saya dulu ngeblog di wordpress, tapi yang gratisan, jadi pasrah dengan template yang tidak bisa diotak-atik. Wordpress bagus, terutama aplikasi androidnya yang jetpack itu. Ngeblog lewat jetpack mudah banget.
    Tapi sepertinya agak rumit ngeblog pake wordpress buat pemula saat ini. UI nya banyak berubah, tidak seperti UI yang dulu ketika saya memakai wordpress.
    Iya, reply komentar tidak mesti masuk ke posting, cukup diklik di notifikasi dan reply disana.

    Belakangan saya ngeblog di blogspot. Sebenarnya dulu sebelum ngeblog pake WP, saya ngeblog pake blogspot. Eh UI blogspot masih sama seperti dulu. Terus aplikasi androidnya tidak pernah di update. Jadi kalau ngeblog pake hp mesti via browser...
    Reply komen harus melalui buka postingan.
    Tapi memang blogspot lebih sederhana, jadi terasa ringan juga ketika ngeblog pake laptop...maklum laptop saya spek-nya rendah...
    Terus memang banyak tersedia template yang bisa di install. Saya pernah coba, tapi akhirnya balik lagi ke template bawaan.

    Kurang lebih begitu saja Mbak.

    Salam,

    ReplyDelete